Golongan Makrolida

Posted by Crystal64 | Posted in


Kelompok antibiotic ini terdiri dari Eritromisin dan Spiramisin.
Linkomisin sebenarnya secara kimiawi tidak ada hubungannya tetapi karena mirip sekali dalam aktivitas, mekanisme kerja, dan resistensinya maka dibahas bersama dalam kelompok ini. Kelompok ini terdiri dari Linkomisin dan Klindamisin.

Eritromisin
Dihasilkan oleh Streptomyces erythreus. Berkhasiat bakteriostatik, dengan mekanisme kerja merintangi sintesis protein bakteri. Antibiotik ini tidak stabil dalam suasana asam (mudah terurai oleh asam lambung) dan kurang stabil pada suhu kamar. Untuk mencegah pengerusakan oleh asam lambung, maka dibuat tablet salut selaput atau yang digunakan jenis esternya (stearat dan estolat). Karena memiliki spectrum anti bakteri yang hampir sama dengan penisilin, obat ini digunakan sebagai alternative pengobatan pengganti penisilin bagi yang sensitive terhadap penisilin.
Efek samping         : mual, muntah, dan diare

Spiramisin
Spektrum kegiatannya sama dengan eritromisin, hanya lebih lemah. Keuntungannya adalah daya penetrasi ke jaringan mulut, tenggorokan, dan saluran pernafasan lebih baik dari eritromisin (untuk saluran pernafasan atas).

Linkomisin
Berasal dari Streptomyces lincolnensis. Memiliki khasiat bakteriostatik terhadap gram positif dengan spectrum lebih sempit dari eritromisin. Merupakan obat pilihan kedua bagi kuman yang resisten terhadap penisilin, khususnya pada radang tulang (osteomielitis).

Klindamisin
Klindamisin merupakan derivate linkomisin yang sejak tahun 1981 digunakan sebagai lotion untuk pengobatan jerawat

Comments (0)

Post a Comment