Golongan Kuinolon

Posted by Crystal64 | Posted in


Obat ini bekerja dengan jalan menghambat pembentukkan DNA kuman. Terdiri dari asam nalidiksat, ofloksasin, dan siprofloksasin. Interaksi golongan kuinolon adalah apabila muncul tanda inflamasi atau nyeri pada tendon, maka pemakaian obat harus dihentikan dan tendon yang sakit harus diistirahatkan sampai gejala hilang.

Asam Nalidiksat
Efektif untuk infeksi saluran kemih. Preparat asam nalidiksat (generic) adalah tablet 500mg. Di Indonesia saat ini juga beredar asam pipemidat.

Ofloksasin
Digunakan untuk infeksi saluran kemih, saluran nafas bawah, dan gonore. Kontraindikasi adalah untuk pasien epilepsy, gangguan fungsi hati dan ginjal, wanita hamil/menyusui.
Preparat generic adalah ofloksasin (generic) tablet 200mg, 400mg.

Siprofloksasin
Terutama aktif terhadap kuman gram negative termasuk salmonella dan shigeila. Meskipun aktif terhadap kuman gram positif seperti Str. Pneumonia tapi bukan merupakan obat pilihan utama untuk pneumonia streptococcus. Siprofloksasin terutama digunakan untuk infeksi saluran kemih, saluran cerna (termasuk Thypus abdominalis) dan gonore. Tidak dianjurkan untuk anak remaja yang sedang dalam pertumbuhan. Dapat menimbulkan tremor, gagal ginjal, dan sindrom Steven Johnson. Hati-hati untuk pengendara karena dapat menurunkan kewaspadaan.

Comments (0)

Post a Comment